Head Line :
Home » , » siapakah kuntilanak itu sebenarnya

siapakah kuntilanak itu sebenarnya

Penulis : aan martha on Minggu, 06 Januari 2013 | 09.42

Mendengarnya saja sudah bikin bulu kuduk merinding apalagi kalau bertatapan langsung bisa-bisa ngompol di tempat, gan he,,,,memang makhluk halus yang satu ini kerap membuat orang lari terbirit-birit karena mukanya yang seram. Namun tau ga gan kenapa makhluk halus ini dinamakan kuntilanak? Nah ketika ane wara-wiri di google ane nyasar ke salah satu situs yang kebetulan artikelnya tentang sejarah kuntilanak.

Kuntilanak ( bahasa Melayu : Puntianak, Pontianak ) adalah hantu yang dipercaya berasal dari wanita hamil yang meninggal namun anaknya tersebut belum sempat lahir. Nama kuntilanak kemungkinan besar berasal dari gabungan kata yaitu “ bunting (hamil) “ dan “anak”. Hantu ini sangat ngetop di Indonesia bahkan sering bermain di layer lebar he,,,,,,,

Dalam folkor melayu sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik dan mempunyai lubang di punggungnya. Kuntilanak digambarkan sebagai hantu yang suka meneror penduduk kampong untuk balas dendam makanya di film layer lebar kuntilanak pasti selalu gentayangan untuk balas dendam. Ciri-ciri kemunculan kuntilanak adalah terciumnya harum bunga kamboja (sejenis bunga yang biasanya ditanam di pemakaman) kemudian menurut penduduk yang ada disekitar rumahku ciri-ciri kemunculan kuntilanak yaitu ditandai dengan adanya suara anak ayam. Konon katanya laki-laki yang tidak berhati-hati maka akan dibunuhnya jika kuntilanak tersebut berubah wujud menjadi penghisap darah.
 

Kuntilanak pun senang sekali dengan bayi dan wanita yang sedang hamil. Dalam film horror di TV Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsanya dengan cara menghisap darah dibagian tengkuk seperti vampire.

Oh iya, gan beda lagi dengan tradisi Sunda tanah kelahiranku. Menurut tradisi Sunda, kuntilanak itu tidak mempunyai lubang di punggungnya dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis hantu yang mempunyai lubang di punggungnya menurut tradisi Sunda dikenal dengan nama “ SUNDEL BOLONG “.

Tempat yang disukai oleh kuntilanak untuk bersemayam adalah pohon waru yang tumbuh condong kesamping ( waru doyong ). Adapun cara menangkal kuntilanak bagi wanita hamil berdasarkan kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa adalah dengan selalu membawa paku,pisau,jarum,dan gunting.


Share this article :
 

Copyright © 2011. dolapdolop | kumpulan puisi dan lagu . All Rights Reserved.
Design Template by dpdp | Support by creating website | Powered by Blogger